Cara Komplain Bukalapak Barang Tidak Sampai

Jika anda pernah berbelanja online pada Bukalapak kemudian barang tak kunjung sampai, apa yang sebaiknya anda lakukan? Nah, buat anda yang sedang mengalami hal tidak mengenakkan tersebut, berikut akan kami bagikan Cara komplain barang di Bukalapak, yang sebaiknya anda coba. Silahkan disimak.

1. Hubungi Penjual

Tahan dulu emosi anda ketika menghubungi penjual. Memang, penjual yang baik akan berusaha mencari solusi permasalahan anda dengan sepenuh hati. Namun, anda pasti setuju jika sekarang banyak juga penjual yang kurang baik, yang hanya mengejar untung cepat semata.

Apa jadinya jika anda yang sedang emosi malah berhadapan dengan penjual yang kurang baik tersebut? Bukannya menyelesaikan masalah, malah bisa-bisa nomer anda diblokir sehingga tidak bisa menghubunginya kembali. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Jadi tetaplah tenang dan sabar saat anda menghubungi penjual untuk minta penjelasan, bicara baik-baik dengan bahasa yang jelas.

2. Cek Status Pengiriman

Setelah menghubungi penjual, dan mendapat konfirmasi kalau barang anda ternyata sudah dikirim, silahkan cek status pengiriman anda pada laman Bukalapak. Jika disitu tertera bahwa barang sudah sampai, tanyakan pada anggota keluarga yang lain atau pada tetangga sekitar yang mungkin mewakili anda menerima barang ketika anda sedang tidak dirumah.

Jika ternyata tidak satu pun anggota keluarga atau orang sekitar anda yang menerima barang padahal status pengiriman sudah menyatakan barang terkirim, anda bisa mengajukan komplain kepada Bukalapak dengan cara sebagai berikut :

1. Masuklah ke akun Bukalapak anda
2. Klik Transaksi, lalu klik Lihat Semua Transaksi
3. Klik tab Pembelian
4. Klik pada nomer transaksi yang bermasalah
5. Klik Belum Terima Barang atau masuklah ke Detail Transaksi
6. Tunggulah balasan dari admin melalui email atau bisa anda lihat pada Detail Transaksi
7. Untuk lebih memudahkan anda, gambar berikut bisa dijadikan panduan
no komplain bukalapak
Jika anda tidak punya akun pada Bukalapak, ajukan komplain dengan cara  berikut :

1. Buka email anda dan lihat pada semua isi email.
2. Klik Konfirmasi Terima Barang dan anda akan dibawa pada menu pembelian. Lakukan cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.
3. Sebagai catatan, jika anda tidak menemukan email yang dimaksud, periksalah folder SPAM anda karena biasanya email masuk bisa berada disitu.

3. Hubungi Call Center Bukalapak

Cara lain adalah dengan menghubungi customer care atau call center Bukalapak di nomer 1500350. Penting untuk anda tahu bahwa nomer customer care Bukalapak ini tidak gratis alias berbayar. Jadi usahakan untuk tidak menelopon pada jam-jam sibuk karena akan membuat anda berada pada antrian panjang yang menguras pulsa.

Untuk informasi tambahan, penjual mengirimkan barang kepada pembeli dengan jasa ekspedisi pihak ketiga seperti JNE, Tiki, Wahana, dan lain-lain. Sebenarnya, jika barang pesanan anda sampai hilang diperjalanan, itu adalah tanggung jawab ekspedisi dan bukan tanggung jawab penjual.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya asuransikan barang kiriman anda agar pihak ekspedisi mau bertanggung jawab jika terjadi sesuatu. Biaya asuransi biasanya berkisar di bawah 10 ribu rupiah. Namun jika sudah terlanjur barang anda hilang diperjalanan padahal tidak diasuransikan, ini tergantung pada kebijakan penjual.

Ada beberapa penjual yang dengan tegas menolak bertanggung jawab terhadap kehilangan atau kerusakan barang yang terjadi karena kesalahan ekspedisi, namun ada juga beberapa penjual yang masih beritikad baik. Jadi, pandai-pandailah memilih penjual. Nah, semoga tulisan mengenai cara mengadukan keluhan belanja di Bukalapak barang tidak sampai ini bermanfaat.