Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Bermotor Online

Setiap dari Anda memiliki plat nomor yang berbeda-beda dan tidak ada masyarakat yang memiliki plat nomor yang sama sehingga dapat dikatakan bahwa plat nomor adalah bukti otentik yang dikeluarkan oleh negara, berisi informasi mengenai identitas dari pemilik kendaraan, jenis dan warna kendaraan serta pajak yang harus dibayar.

Cara melacak plat nomor online adalah informasi atau hal yang harus diketahui oleh Anda untuk mengatasi suatu peristiwa yang mungkin terjadi misalnya peristiwa tabrak lari dimana pengemudinya melarikan diri dan ketika Anda mengetahi cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor maka akan mudah bagi Anda untuk mencari pemilik dari kendaraan tersebut untuk meminta tanggung jawabnya.

Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor, Lengkap!

Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor Melalui SMS

Khusus untuk beberapa provinsi Anda dapat mengetahui identitas dari pemilik kendaraan dengan cara menggirimkan sms.

1. DKI Jakarta

Untuk wilayah Jakarta Anda dapat mengirim sms ke nomor 1717 dengan format METRO ( spasi ) plat nomor polisi. Contoh : METRO B1564ABC

2. Jawa Barat

Untuk wilayah Jawa barat,  Anda dapat mengirim sms ke nomor 3977 dengan format poldajbr ( spasi ) plat nomor polisi. Contoh poldajbr F1094AB

3. Jawa Tengah

Untuk wilayah Jawa Tengah,  Anda dapat mengirim sms ke nomor 7070 dengan format JATENG ( spasi ) plat nomor polisi. Contoh JATENG H1000AB

4. Jawa Timur

Untuk wilayah Jawa Timur  Anda dapat mengirim sms ke nomor 7070 dengan format JATIM ( spasi ) plat nomor polisi. Contoh JATIM L1984AB

Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor Melalui Website

Selain dengan cara mengirimkan pesan, Anda juga dapat mengetahui identitas pemilik kendaraan dengan cara menggunjungi website sesuai dengan kode yang terdapat dalam plat kendaraan. Namun cara ini hanya bis dilakukan untuk wilayah tertentu saja.

1. DKI Jakarta
http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html

2. Jawa Barat
http://dispenda.jabarprov.go.id/info-data-kendaraan/

3. Jawa Tengah
http://dppad.jatengprov.go.id/?page_id=226

4. Jawa Timur
http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

5. Medan
http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html

Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor dengan Bertanya Kepada Lembaga Berwenang

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengetahui identitas dari pemilik kendaraan adalah dengan menghubungi atau meminta bantuan kepada lembaga berwenang yaitu Samsat dan kepolisian. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi Samsat untuk bertanya mengenai identitas seperti nama dan kontak dari orang tersebut. Anda juga perlu menjelaskan alasan mengapa Anda membutuhkan identitas dari orang tersebut. Apabila Samsat menolak untuk memberikannya maka terdapat cara kedua yang bisa Anda lakukan.

Cara kedua adalah dengan meminta bantuan kepada pihak kepolisian. Apabila Anda berusaha mencari pemilik kendaraan dari plat nomornya karena alasan kriminalitas seperti tabrak lari atau kendaraan tersebut menabrak kendaraan milik Anda hingga mengalami kerusakan dan lari begitu saja maka Anda dapat membuat laporan kepada Polisi dan sisanya pihak polisi yang akan mencari pemiliki dari plat nomor tersebut dan akan diproses secara hukum.

Perlu untuk diketahui, cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor melalui sms dan website hanya memberikan informasi terbatas yaitu informasi mengenai pembayaran pajar dan tahun pembuatan kendaraan saja.

Satu-satunya cara untuk mengetahui identitas dari pemilik kendaraan adalah dengan cara meminta bantuan dari badan berwenang yaitu Samsat dan kepolisian. Tentunya pada saat Anda meminta bantuan pada kedua lembaga ini, Anda harus memiliki alasan yang kuat beserta bukti pendukungnya.

Posting Komentar