Senin, 22 Januari 2018

Cara Konfirmasi Pembayaran Di Bukalapak

Dulu, Bukalapak yang menggunakan rekening bersama untuk menampung sementara dana yang masuk dari pembeli, memakai sistem konfirmasi pembayaran secara manual. Munculnya beberapa permasalahan yang disebabkan sistem konfirmasi pembayaran secara manual ini menyebabkan Bukalapak menerima banyak komplain kala itu.

Akhirnya, sistem manual ini dianggap punya banyak kelemahan sehingga harus diganti dengan sistem otomatis untuk meminimalisir kesalahan. Program baru pun dibuat oleh Bukalapak yang bisa mendeteksi tiga digit terakhir dari jumlah dana yang disetorkan pembeli. Tiga digit terakhir ini adalah angka unik yang bisa mempermudah sistem untuk melacak suatu transaksi, sehingga penyetoran dana ke rekening bersama Bukalapak akan terkonfirmasi secara otomatis dan cepat, tanpa harus menunggu konfirmasi manual  dari pihak pembeli atau penyetor dana.

Jadi sebenarnya, pembeli tidak perlu mengkonfirmasi pembayarannya lagi karena semua sudah dilakukan sistem. Mudah bukan? Jika anda sedang berbelanja lewat Bukalapak dan sudah membayar sesuai pesanan, anda tinggal memantau status transaksi pembelian. Warna kuning menandakan bahwa transaksi anda belum diproses. Tunggulah sampai berwarna hijau yang berarti bahwa pembayaran anda sudah terkonfirmasi.

Itulah yang membuat Bukalapak tidak henti-hentinya mengingatkan anda untuk mentransfer dana sesuai angka yang diberikan oleh Bukalapak sampai ke tiga digit terakhir tanpa terlewat satu pun. Jika anda mematuhinya, tentu transaksi anda kan berjalan lancar dan mudah.
verifikasi pembayaran bukalapak
Cara Konfirmasi Pembayaran di Bukalapak Secara Manual

Namun perlu diketahui, banyaknya pembeli di Bukalapak membuat sistem konfirmasi otomatis tersebut, membutuhkan waktu untuk bekerja dan kadangkalanya memang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, ada baiknya jika pembayaran belum juga terkonfirmasi dalam 1 x 24 jam, segera hubungi Call Center Bukalapak dengan nomer 1500350.

Selain itu, anda juga bisa menyampaikan keluhan lewat Form Hubungi Bukalapak, Twitter atau Facebook resmi Bukalapak. Lakukan konfirmasi manual dengan cara menyebutkan data transaksi yang sudah dilakukan, misal dengan menyebutkan nomer invoice, barang apa yang dibeli, transfer ke rekening mana, dan untuk mempercepat prosesnya, anda bisa melampirkan ss bukti transfer.

Nah, itulah tadi cara konfirmasi pembayaran di Bukalapak yang bisa membantu anda. Berikutnya, khusus bagi yang suka berbelanja online, akan kami bagikan beberapa tips, sebelum memutuskan membeli dan melakukan pembayaran.  Simak ya.

1. Pilih Toko Online dengan domain .LTD seperti .com .net atau .id

Pemilik toko online yang menggunakan domain .LTD biasanya benar-benar serius dalam mengelola bisnisnya. Kenapa demikian? Ini karena domain .LTD adalah domain berbayar yang tidak mungkin digunakan oleh seorang penipu. Orang yang hanya ingin menipu uang anda, tidak akan repot memakai domain berbayar seperti .LTD

2. Periksa kontak pelanggan

Pilihlah toko online yang mempunyai line telepon dari PT.Telkom Indonesia. Seperti yang kita tahu, untuk mendapatkan line telepon dari PT. Telkom Indonesia, orang, toko maupun perusahaan harus mempunyai satu alamat tempat tinggal tetap. Selain itu, tiap nomer telepon dari PT. Telkom Indonesia pasti menyertakan kode area yang bisa dengan mudah dicari.

3. Periksa nomor rekening penjual

Alangkah baiknya jika anda memilih penjual yang mempunyai nomer rekening atas nama tokonya. Nomer rekening bank atas nama suatu perusahaan atau badan usaha biasanya telah melalui survey panjang sampai bank memberi ijin memakai nama usahanya dalam pembuatan rekening.

4. Baca feedback dari pembeli lain

Jika feedback dari pembeli lain lebih banyak yang negatif daripada yang  positif, sebaiknya anda beralih mencari toko yang lain saja.

5. Berbelanja di toko online pihak ketiga

Cara yang terakhir ini adalah yang paling mudah dan terpercaya yaitu berbelanja online lewat pihak ketiga seperti Bukalapak atau situs jual beli lainnya. Kenapa pasti aman? Karena situs jual beli atau marketplace seperti Bukalapak menggunakan rekening bersama untuk menampung dana yang anda transfer ketika membeli barang. Ketika barang sudah anda terima dan memang benar-benar sesuai dengan pesanan, barulah dana akan dikirimkan kepada penjual. Jika tidak, maka dana bisa dikembalikan kepada anda.

Nah, semoga informasi terkait cara konfirmasi pembayaran di Bukalapak diatas bisa menambah wawasan anda.