Cara Buat Email Gmail Lewat HP dan Leptop

Pada jaman yang serba digital ini, email merupakan alat penting sebagai penunjang untuk mengeksplore dunia internet. Katakanlah jika kita mau membuat sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll, pasti kita akan membutuhkan yang namanya email. Atau, jika ingin belanja di toko online marketplace, pasti nanti kita juga akan disuruh memasukkan alamat email.

Dari situlah tujuannya kita harus membuat email. Kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat email melalui Google, atau yang biasa disebut Gmail. Kenapa Gmail? Karena Gmail merupakan email yang sangat ini paling populer dan banyak digunakan. Selain itu, kita bisa sekaligus mempunyai akun Google lainya seperti Youtube, Google Drive, Dll.

Perlu anda ketahui, untuk membuat email di Gmail nanti, anda diharuskan membuat alamat email dan password, dan keduanya wajib harus anda hafal, lebih baik anda catat saja. Karena alamat email dan password untuk masuk ke akun Google. Ibaratnya, ini adalah kunci rumah. Jika kunci rumah anda tidak ada, anda tak akan mungkin bisa masuk.

Cara daftar email Gmail di Pc/ leptop/ browser Chrome 
  • Kunjungi situs Google mail di link ini >>> https://accounts.google.com/SignUp?service= 
  • Isi kolom Name dengan nama anda.
  • Di kolom kedua, buatlah alamat email. Bisa menggunakan nama anda.
  • Kolom ke empat, buatlah password atau kata sandi yang nantinya dipakai untuk masuk akun Gmail.
  • Kolom selanjutnya, silahkan konfirmasi password. Masukkan lagi password yang sudah anda buat sebelumnya.
  • Pilihlah tanggal lahir anda.
  • Masukan nomor telepon anda yang selalu aktif. Nantinya dipakai untuk verifikasi.
  • Di kolom ini, "Your current email address" biarkan saja kosong.
  • Location, pilih Indonesia.
  • Terakhir, tekan tombol "Next Step".
  • Pada gambar dibawah ini adalah contoh formulir pendaftaran akun Gmail yang sudah saya isi dengan data saya. Jangan anda tiru ya, karena jelas pasti tidak akan bisa. Setiap data yang masuk ke akun Google (alamat email) tidak boleh sama. Kalau sama nanti tertukar, dong?
Daftar email melalui aplikasi Android di Playstore
  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan ialah masuk ke menu pengaturan/ setting di Android. Kemudian lanjutkan dengan menggeser layar hp anda ke bawah, cari menu akun/ account. Tekan menu tersebut, lalu pilih lagi "Tambah akun/ add akun". 
  2. Apabila anda selesai mengikuti panduan di atas, anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini. Tekan tombol "Create a new account". 
    Daftar Gmail
  3. Isi dengan nama anda pada kolom yang sudah disediakan. Tekan next. 
    Daftar Gmail
  4. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin. Tekan next. 
    Daftar Gmail
  5. Buatlah alamat email, bisa menggunakan nama anda. Kalau tidak bisa, coba kombinasikan dengan angka. Contoh : andrigutawa123@gmail.com. 
    Daftar Gmail
  6. Buatlah password/ kata sandi. Gunanya untuk masuk ke akun Gmail dan sebagai keamanan. 
    Daftar Gmail
  7. Disini anda disuruh memasukkan nomor hp, anda bisa memasukkan, atau bisa juga menskipnya. 
    Cara Buat Email Gmail Lewat HP dan Leptop
  8. Geser layar hp anda ke bawah. Tekan tombol "I Agree". 
    Cara Buat Email Gmail Lewat HP dan Leptop
  9. Tekan tombol Next. 
    Cara Buat Email Gmail Lewat HP dan Leptop
  10. Pada tahap Masukkan metode pembayaran, anda bisa melewatinya. Karena fitur ini dipakai untuk membeli aplikasi berbayar. Pilih "No Thanks". Tekan Next. 
    Cara Buat Email Gmail Lewat HP dan Leptop
  11. Selesai. Email yang anda buat melalui android sudah jadi dan siap untuk digunakan.
Hal-hal penting yang harus diketahui saat membuat email Gmail

1. Apabila nama anda lebih dari dua kata, misalnya: Agus hadi prayitno, anda bisa memasukkannya disalah satu kolom (kolom first name atau last name)

2. Alamat email hanya ada satu. Misalkan alamat email anda agushadiprayitno@gmail.com. Tidak akan ada yang bisa menyamai, ibaratnya, kalau alamat sama, pasti nanti akan nyasar jika berkirim surat melalui email.

3. Kata sandi diperlukan untuk sistem keamanan. Lebih tepatnya sudah saya singgung di atas. Yaitu sebagai kunci atau untuk masuk ke akun Gmail. Jadi, harap anda ingat-ingat password ini. Jangan sampai anda lupa.

4. Apabila anda mengisi nomor telepon saat pendaftaran, nomor awalan +62 adalah pengganti angka 0. Contoh, jika nomor hp anda 08586645678, maka anda cukup menuliskannya dengan +628586645678.

5. Sudah paham?

Kawan, demikianlah panduan yang bisa saya sampaikan. Membuat email sebenarnya sangatlah mudah dan tidak ribet asalkan mengikuti panduan ini secara benar. Namun, kalau anda masih merasa kesulitan, saya bersedia membantu untuk membuatkan anda email. Bagaimana caranya? Silahkan tulis saja komentar di Blog ini.

Posting Komentar