Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Banyaknya pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri membuat transfer uang antar negara di Indonesia tumbuh pesat. Bagi Anda yang bekerja di luar negeri dan ingin mengirimkan uangnya ke Indonesia, setidaknya ada 2 cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan rekening bank dan tanpa rekening bank. Nah berikut kami bagikan ulasan mengenai cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia, buat anda yang belum paham caranya. Silahkan disimak.
Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia
Pengiriman Uang Via Transfer Bank

Cara pertama ini bisa Anda lakukan jika Anda dan pihak yang akan menerima uang sama-sama memiliki rekening bank. Atau pihak yang akan Anda kirimi uang saja yang memiliki rekening bank. Berbeda dengan transfer uang via ATM yang biasa kita lakukan di Indonesia, mengirim uang dari luar negeri ternyata memiliki cara dan langkah yang berbeda. Anda akan membutuhkan sebuah kode saat akan mentransfer uang dan biasa dikenal dengan istilah Kode SWIFT. 

Kode SWIFT adalah penanda bank yang digunakan untuk mengidentifikasi bank di luar negeri, termasuk di Indonesia. Tanpa kode SWIFT, Anda tidak bisa mengirimkan uang ke bank Indonesia. Kode SWIFT ini terdiri dari 8 hingga 11 huruf dan angka. Kode tersebut terdiri dari kode bank (misal BRI kode SWIFT-nya BRINIDJA) kemudian disertai dengan kode lokasi bank (missal Tegal = 101). Anda kemudian harus memasukkan kode SWIFT BRINIDJA101 saat akan mentransfer uang. Untuk kode SWIFT lengkapnya bisa Anda lihat pada web www.ifscswiftcodes.com. 

Setelah mengetahui kode SWIFT yang akan Anda gunakan, kemudian Anda tinggal menuju ke bank untuk mentransfer uang. Mata uang yang Anda transfer akan langsung dikonversikan sendiri oleh pihak bank penerima, jadi Anda tak perlu repot-repot menukarka mata uang ke rupiah terlebih dulu. Biasanya proses transfer uang dari luar negeri ke Indonesia akan memakan waktu hingga 3 hari kerja. 

Pengiriman Uang Via Western Union

Pilihan kedua pengiriman uang ini bisa Anda lakukan jika Anda dan calon penerma uang sama-sama tak memiliki rekening bank. Anda bisa menggunakan jasa Western Union untuk mengirimkan uang tersebut. Western Union bahkan sudah tersebar di 200 negara di dunia. Jadi Anda tak perlu ragu lagi jika di luar negeri Anda tak bisa menemukan Western Union ini. 

Anda hanya tinggal pergi ke kantor Western Union untuk mengirimkan uang tanpa perlu membuat dan memiliki rekening. Proses pengiriman uang ini sangat cepat karena menggunakan jaringan dan dijamin keamanannya. Selain itu, Western Union juga tidak menerapkan batas bawah jumlah uang yang bisa dikirimkan dan dengan biaya pengiriman yang lumayan murah. 

Western Union ini juga bisa digunakan jika Anda di luar negeri tidak memiliki rekening bank, sedangkan calon penerima di Indonesia memiliki rekening bank yang aktif. Anda tinggal mendatangi kantor Western Union dan mengisi formulir pengiriman uang. Biasanya identitas penerima uang, nama bank, dan nomor rekening bank adalah data yang diperlukan untuk mengirimkan uang. 

Anda bisa mengirim uang dari luar negeri melalui Western Union dengan cara menunjukkan identitas diri misalnya saja KTP, SIM, atau passport. Kemudian Anda harus menyerahkan uang beserta identitas dan alamat lengkap penerima uang tersebut. Si penerima akan diberikan kode yang bisa digunakan untuk mengambil uang tersebut, dan biasanya paling mudah diambil di kantor pos terdekat. Untuk pengiriman uang di bawah 10 juta rupiah, hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit saja. Sedangkan nominal di atas 10 juta harus menunggu selama 1 hari kerja saja.

Itulah diatas cara mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bisa bermanfaat. Kalau misalnya ada pertanyaan, silahkan anda bertanya melalui kolom komentar, pasti akan kami jawab. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.

Posting Komentar