Selasa, 28 November 2017

Cara Mengirim Barang Lewat Kantor Pos

Sebagai perusahaan di bidang jasa yang sudah berpuluh tahun beroperasi, tentunya reputasi perusahaan Kantor POS dalam hal pelayanan sudah tak perlu di ragukan lagi.  Selain itu, kantor POS juga terkenal dengan biayanya yang murah dibanding perusahaan jasa pengiriman lainnya. Nah, untuk Anda yang berencana ingin menggunakan jasa POS, berikut kami akan share cara mengirim barang lewat kantor POS, yang bisa Anda coba. 
Cara Mengirim Barang Lewat Kantor Pos
Tips Mengemas Barang yang Akan Dikirim Agar Aman tanpa Cacat

Sebelum kami bagikan informasi tentang cara mengirim barang lewat kantor POS, sebaiknya ketahui dulu tips mengemas barang yang ingin Anda kirim. Nah berikut beberapa kemasan yang sebaiknya Anda pakai, disesuaikan dengan bentuk/jenis barang yang ingin Anda kirim.

1. Amplop jika Anda akan mengirimkan paket berupa dokumen/surat.

2. Kardus jika Anda akan mengirimkan barang-barang yang tidak mudah pecah. Bisa Anda gunakan untuk mengemas tas, sepatu, aksesoris, dan sebagainya. Usahakan untuk membungkus bagian luar kardus dengan plastic. 

3. Bubble wrap digunakan untuk melapisi barang yang mudah pecah misalnya seperti piring, gelas, atau kosmetik yang dalam wadah terbuat dari bahan kaca. Setelah produk dilapisi dengan bubble wrap, usahakan untuk membungkusnya kembali dengan kardus. 

4. Styrofoam digunakan untuk melindungi barang dari benturan. Anda wajib menggunakan syrofoam jika akan mengirimkan paket berupa alat-alat elektronik dan barang pecah belah. 

5. Peti kayu digunakan untuk mengemas barang-barang yang mudah rusak jika terkena benturan dan tekanan. Pengiriman jarak jauh biasanya menggunakan peti kayu sebagai kemasannya, baik dengan perjalanan laut ataupun udara. Barang-barang yang membutuhkan penanganan khusus misalnya tidak bisa terkena sinar matahari seperti obat-obatan juga disarankan dikemas dengan menggunakan peti kayu ini. 

Pastikan Anda menggunakan kemasan yang tepat agar barang tetap aman sampai di tangan penerima. 

Cara Mengirim Barang Lewat Kantor POS

Cara mengirimkan paket lewat POS ini sangat gampang sekali, karena kantor POS bisa dengan mudah kita temui di setiap kecamatan. Bahkan di kota-kota besar, kantor POS bahkan telah banyak membuka agen-agen kecil untuk melayani pengiriman paket. Lebih istimewa lagi, kantor POS bahkan melayani pengiriman paket berupa kendaraan (motor atau mobil) ke berbagai wilayah di Indonesia. Layanan ini belum ada pada jasa-jasa pengiriman paket lainnya.

Jika Anda sudah mengemas barang dengan baik, maka Anda bisa mengirimkan paket tersebut melalui kantor POS dengan cara:

1. Pertama, tuliskan alamat pengiriman dan penerima sesuai dengan prosedur. Tuliskan nama penerima, alamal lengkap, kode pos, dan nomor telefon. Kemudian pada bagian yang berbeda, tuliskan nama pengirim dan nomor telefon yang bisa dihubungi. 

2. Jika alamat sudah Anda tulis dengan lengkap, kemudian serahkan paket kepada petugas kantor POS. 

3. Petugas kantor POS kemudian akan menimbang paket Anda, mengukur dimensi volumenya, dan menanyakan apa isi paket tersebut. Kemudian Anda akan diberikan pilihan akan menggunakan jasa kirim apa mulai dari paket POS kilat khusus, POS express dokumen, dan POS express barang. Masing-masing memiliki ongkos kirim yang berbeda. 

4. Ada baiknya sebelum mengirimkan barang, Anda mengecek estimasi biaya kirim melalui website www.posindonesia.co.id. Anda tinggal memasukkan daerah asal dan daerah tujuan paket, kemudian berat paket yang akan dikirimkan, volume paket (panjang, lebar, dan tinggi kemasan), serta pilihan jasa pengirimannya. 

5. Karena pengiriman barang melalui kantor POS juga dihitung berdasarkan volume (panjangxlebarxtinggi) maka Anda sebaiknya mengemas barang dengan kompak. Jangan menggunakan kardus yang terlalu besar untuk barang yang kecil agar tidak menambah biaya volume. 

6. Setelah Anda memilih jenis pengiriman, kemudian Anda tinggal membayar biaya kirim yang disebutkan oleh petugas kantor POS. 

7. Setelah itu Anda akan menerima bukti pengiriman barang dengan nomor resi yang berguna untuk mengecek perjalanan paket tersebut. 

***

Itulah diatas beberapa cara mengirim barang lewat kantor POS yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Apabila nanti anda ada kendala dalam pengiriman barang di kantor pos, anda bisa bertanya melalui kolom komentar. Oh ya, sebaiknya anda juga membaca artikel cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum.