Cara Mengirim Barang Lewat JNE Panduan Terbaru

Salah satu jasa pengiriman paket yang saat ini begitu populer di kalangan masyarakat adalah JNE. Ekspedisi JNE ini dipercaya oleh masyarakat karena memang memberikan kualitas pelayanan yang baik dan cepat. Barang yang Anda kirim pun dijamin keamanannya dan sudah menjangkau banyak daerah di seluruh Indonesia. Terlebih untuk para pengelola online shop, pastinya JNE menjadi salah satu jasa pengiriman yang digunakan.

Lantas bagaimana cara mengirim barang lewat JNE? Nah buat anda yang belum tahu caranya, berikut kami bagikan panduannya. Silahkan disimak.
cara kirim barang lewat JNE
Cara Mengemas Barang yang Akan Dikirim

Jika Anda akan mengirim barang melalui JNE, meskipun pihak JNE nanti akan memberikan bungkus tambahan pada paket yang dikirimkan, tapi idealnya terlebih dulu Anda telah membungkusnya dengan rapi dan aman. Pastikan mematuhi cara-cara berikut :

1. Bungkus barang dengan menggunakan kardus yang pas, jangan menggunakan kardus yang terlalu besar dibandingkandengan ukuran barang agar tidak dikenai biaya volume. 

2. Jika barang Anda termasuk mudah pecah, Anda wajib melapisinya dengan bubble wrap. 

3. Jika barang yang Anda kirim mahal misalnya perlengkapan elektronik dan sebagainya, Anda bisa menambahkan packing kayu demi keamanan. 

Layanan Pengiriman JNE

Anda bisa memilih paket pengiriman sesuai dengan kebutuhan. JNE menyediakan berbagai jasa paket pengiriman mulai dari yang super cepat hingga biasa. Tentunya harga yang dipatok juga berbeda. Ongkos kirim ini disesuaikan dengan jarak dan berat barang yang Anda kirimkan. Macam-macam layanan pengiriman yang disediakan JNE antara lain:

1. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) yaitu jasa pengiriman JNE regular yang menawarkan biaya pengiriman ekonomis dengan menggunakan armada darat. Biasanya paket akan tiba sekitar 3-14 hari setelah dikirimkan. 

2. REG (regular) adalah paket layanan pengiriman cepat yang sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Batas waktu pengiriman paket ini hanya 3-5 hari kerja saja.

3. YES (Yakin Esok Sampai), sesuai dengan namanya paket ini memang memiliki kecepatan yang luar biasa. JNE menjanjikan paket ini bisa diterima oleh pihak penerima tepat 1 hari kerja setelah paket tersebut dikirimkan. 

4. SS (Special Service) paket ini disediakan JNE untuk mengirimkan barang yang sangat mendesak dan bisa sampai pada hari yang sama. Namun paket ini baru tersedia di beberapa kota besar di Indonesia. 

Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Jika Anda sudah mengemas barang dengan rapi, maka Anda bisa mengirimkan barang tersebut melalui JNE dengan cara :

1. Pertama, Anda harus datang ke agen JNE terdekat dari rumah Anda. Biasanya setiap kecamatan sudah memiliki agen masing-masing yang memudahkan para pengirim barang. Namun Anda juga bisa langsung menuju ke kantor JNE pusat yang biasanya ada di kota. 

2. Jika Anda belum tahu lokasi agen/kantor JNE terdekat, maka Anda bisa mengeceknya dari laman www.jne.co.id, buka pilihan Networking, ketik nama jalan dan kota, kemudian Anda akan diarahkan ke google maps untuk menemukan agen terdekat. 

3. Jangan lupa membawa barang yang akan Anda kirim dan sudah diberi alamat tujuan dengan jelas dan lengkap. 

4. Serahkan barang ke kasir JNE. 

5. Kemudian barang Anda akan ditimbang, dicek kelengkapan alamatnya, dan ditanya apa isi paket tersebut untuk menentukan keamanannya. 

6. Kemudian Anda bisa memilih dengan jenis pengiriman apa paket tersebut akan dikirimkan. Pilih antara regular, OKE, YES, atau SS sesuai kebutuhan. 

7. Petugas JNE kemudian akan mencetakkan bukti pengiriman lengkap dengan resinya. Anda tinggal membayar jumlah sesuai yang tertera pada bukti tersebut. 

8. Jika Anda adalah pebisnis online, maka pastikan memberikan resi pengiriman tersebut kepada calon penerima yang telah membeli barang Anda agar ia bisa mengecek riwayat paket yang dikirimkan. 

***

Nah, tidak sulit kan cara mengirim barang lewat JNE? Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan untuk Anda yang membutuhkan panduan ini. Jika ada pertanyaan seputar pengiriman barang melalui JNE, Anda bisa menanyakannya melalui kolom komentar. Pasti nanti akan kami jawab. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini

Posting Komentar