Cara Cek Nomor Rekening Mandiri Lewat ATM

Salah satu media pembayaran yang umum digunakan oleh hampir semua toko online adalah melalui transfer uang. Bagi seorang penjual, menghafal nomor rekening dari usahanya adalah hal yang krusial. Tapi yang namanya manusia memang tak terlepas dari alpa/lupa, sehingga seringkali Anda tidak ingat nomor rekening Anda sendiri. 

Nomor rekening umumnya memang tidak tertera di kartu ATM, tapi Anda dapat menemukannya di buku tabungan. Lantas, bagaimana jika buku tabungan Anda menghilang? Jangan panik, untuk Anda yang merupakan nasabah Mandiri, berikut adalah cara cek nomor rekening Mandiri lewat ATM. 
Cara Cek Nomor Rekening Mandiri Lewat ATM
Cara Cek Nomor Rekening Mandiri Lewat ATM

Ya, ternyata Anda bisa menggunakan mesin ATM untuk mengetahui nomor rekening Anda. Langkah pertama sebagai cara cek nomor rekening Mandiri lewat ATM tentu saja dengan mendatangi ATM Mandiri atau ATM Bersama terdekat di area rumah Anda. Setelah Anda memasukkan kartu ATM dan input nomor PIN, pilihlah menu “PENARIKAN UANG”. Setelah Anda menarik uang, nantinya mesin ATM Anda akan mencetak struk bukti penarikan uang. Nah, pada struk itulah tercetak nomor rekening Anda. Jangan lupa untuk mencatat nomor rekening tersebut dan jangan sampai hilang, ya.

Memang ada kalanya mesin ATM tidak dapat mencetak struk. Tapi tenang saja, karena ada alternatif cara cek nomor rekening Mandiri lewat ATM yaitu lewat metode transfer. Tentu saja Anda tidak harus benar-benar melakukan transfer ini secara nyata. Anda bisa meminjam nomor rekening teman Anda untuk mengisi data transfer. Nantinya, layar ATM akan memunculkan informasi yang berisi nomor rekening pengirim serta nomor rekening penerima. Anda tinggal mencatat nomor rekening pengirim (alias nomor rekening Anda) dan setelah itu membatalkan transfer.

Tapi, terkadang informasi sesuai dengan intruksi kedua di atas tidak muncul. Jika hal tersebut terjadi, maka opsi terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan aktivitas transfer uang. Apabila Anda memilki akun bank yang lain, Anda dapat mentransfer sejumlah uang ke rekening Anda tersebut. 

Nantinya mesin ATM akan mencetak bukti transfer yang biasanya tertera nomor rekening pengirim. Hanya saja, pastikan bahwa mesin ATM yang akan Anda gunakan mencetak struk transfer, ya. Untuk mengetahuinya Anda dapat menanyakan kepada petugas satpam yang biasanya berjaga di dekat ATM.

Terlalu sibuk sehingga Anda tidak sempat mendatangi ATM? Apabila Anda memiliki aplikasi E-Banking di smartphone Anda, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengetahui nomor rekening Anda. Buka aplikasi Mandiri Mobile Anda atau kunjungi situs ib.bankmandiri.co.id buat Anda yang memanfaatkan layanan E-Banking, atau ibank.bankmandiri.co.id untuk menuju situs Mandiri Online.

Pada kolom informasi, masukkan nomor kartu atau username serta PIN Anda untuk masuk ke dalam akun Anda. Setelah Anda berhasil masuk, pilihlah menu “INFORMASI REKENING” untuk mengetahui informasi mengenai rekening Anda, dan salah satunya adalah nomor dari rekening Anda. 

Demikianlah beberapa tips cara cek nomor rekening Mandiri lewat ATM beserta alternatif lainnya. Nah, agar Anda tidak lagi kelabakan saat lupa nomor rekening pastikan bahwa Anda menyimpan catatan nomor rekening lebih di satu tempat. Jika Anda mencatatnya di secarik kertas atau di notebook, jangan lupa untuk menyalinnya di Notepad di dalam laptop dan di dalam smartphone Anda. Jika perlu, backup nomor rekening di akun cloud storage. Semoga informasi di atas bermanfaat. 

Posting Komentar