Rabu, 08 November 2017

Cara Belanja di Tokopedia Lewat HP

Salah satu cara yang digunakan oleh Tokopedia untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi antara pembeli dan penjual adalah dengan menahan uang yang telah dibayarkan oleh pembeli sebelum pembeli mengkonfirmasi jika barang yang dibeli sudah tiba ditempat, sebaliknya pesanan baru diteruskan kepada penjual bila uang yang telah dibayarkan oleh pembeli sudah masuk ke rekening Tokopedia. 

Seperti yang kita tahu, belanja di Tokopedia dapat dilakukan melalui komputer atau bisa juga melalui smartphone/handphone. Perlu diketahui, tampilan halaman Tokopedia antara dibuka dengan  komputer dan dibuka dari hp, tentunya akan lebih bagus/leluasa jika dibuka dari komputer.  Namun jika terpaksa dibuka dari handphone, juga tak masalah. Dan berikut kami bagikan panduannya.
cara bertransaksi di tokopedia
Cara membeli barang di Tokopedia lewat HP

Pertama. Membuka Tokopedia melalui handphone bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuka web browser kemudian buka situs Tokopedia versi mobile di http://m.tokopedia.com. Cara lainnya adalah dengan mendownload aplikasi Tokopedia melalui PlayStore atau PlayStore terlebih dahulu. 

Kedua. Setelah memilih satu diantara dua cara tersebut maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memasukan email dan kata sandi dari account Tokopedia yang telah Anda buat sebelumnya. Caranya dalah dengan mengklik tombol tiga garis sejajar yang posisinya berada di sebelah kiri paling atas pada layar ponsel. 

Apabila Anda belum memiliki account Tokopedia maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu karena tanpa account Tokopedia Anda tidak bisa melakukan pembayaran dan hanya bisa melihat jenis barang serta harga yang ditawarkan oleh penjual. 

Ketiga. Jika sudah berhasil masuk ke Tokopedia maka Anda bisa mencari atau memilih barang yang akan dibeli sesuai dengan keingginan. Terdapat beberapa tab yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pencarian barang yaitu Home, Feed, Favorit, Hot List dan Wishlist. 

Ketiga. Apabila Anda udah menemukan produk yang ingin dibeli maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol “Beli”. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data yan berhubungan dengan barang yan akan dibeli diantranya adalah “Jumlah Barang” untuk menentukan jumlah dari barang yang akan dibeli, “Keterangan” berhubungan dengan jenis barang atau pilihan yang di inginkan seperti warna, ukuran dan sebagainya, “Alamat Tujuan” untuk menentukan alamat pengiriman dan “Kurir Pengiriman” untuk menentukan jasa pengiriman mana yang dipilih untuk proses pengiriman barang.

Empat. Semua rincian biaya akan ditampilkan ketika Anda sudah selesai memilih jasa pengiriman yang akan digunakan. Apabila sudah yakin, Anda bissa langsung mengklik tombol “Bayar” kemudian klik “Pilih Metode Pembayaran” untuk memilih metode atau cara pembayaran akan digunakan. 

Lima. Tokopedia menyediakan beberapa cara pembayaran yang bisa Anda gunakan seperti BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, BRI e-Pay dan masih banyak lagi. Apabila tidak memiliki rekening di bank maka Anda bisa memilih metode pembayaran melalui supermarket terdekat melalui Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson dan 7 Eleven.

Enam. Setelah memilih metode pembayaran yang digunakan maka silahkan klik tombol “Chekout” dan silahkan lakukan pembayaran. Apabila pembayaran telah dilakukan maka secara otomatis Tokopedia akan meneruskan pesanan tersebut kepada penjual untuk bisa langsung diproses penggirimannya.

Apabila Anda memiliki kode voucher maka pastikan Anda memasukannya pada saat memilih metode pembayaran karena kode voucher akan memotong dari jumlah uang uang yang harus dibayarkan Namun apabila Anda tidak memiliki kode voucher maka dikosongkan saja. Nah, itu diacara order di Tokopedia lewat handphone. Mudah bukan?