Selasa, 31 Oktober 2017

Cara Membatalkan Pesanan Di Bukalapak

Bukalapak adalah situs jual beli online populer di Indonesia yang aman dan terpercaya. Untuk para pelapak atau penjual, Bukalapak menawarkan tempat/lapak untuk jualan online gratis serta berbayar (husus buat anda yang ingin serius mengembangkan bisnis).

Sedangkan untuk pembeli, Bukalapak banyak dipilih karena mempunyai metode pembayaran paling aman yaitu melalui rekening bersama dimana uang yang dibayarkan pembeli tidak akan langsung diterima penjual sampai barang diterima dan dikonfirmasi oleh pembeli. Metode pembayaran semacam ini telah banyak dipakai juga oleh beberapa situs jual beli online atau marketplace lainnya.

Namun, dengan segala pengamanan dan fitur-fiturnya, ternyata masih ada saja beberapa orang yang mengeluhkan soal Bukalapak, diantaranya adalah sulitnya membatalkan pesanan.

Bukalapak sebenarnya punya sistem yang sudah mengatur tentang pembatalan pesanan, hanya saja mungkin belum dipahami baik oleh penjual maupun pembeli. Nah, buat anda para pelapak atau pembeli yang sedang bingung bagaimanacara membatalkan belanja di Bukalapak, berikut akan kami bagikan caranya.

Cara membatalkan transaksi di bukalapak sebelum pembayaran 

Ketika membeli barang pada Bukalapak, setelah klik tombol Bayar, anda akan menerima tagihan untuk segera dibayar. Bila tiba-tiba anda ingin membatalkannya dengan alasan terlalu mahal, sudah menemukan barang lain yang lebih cocok atau alasan lainnya, anda tidak akan menemukan tombol Cancel karena memang Bukalapak tidak menyediakannya.

Lalu bagaimana solusinya? Dalam hal ini Anda cukup membiarkan saja pesanan tersebut tanpa membayarnya. Mungkin anda hanya akan menerima notifikasi dari email atau di telephon customer service Bukalapak yang menginformasikan tentang tagihan anda, dan memintanya untuk segera melunasi tagihan tersebut. Abaikan saja, tidak perlu dibayar sampai batas waktu yang diberikan habis dan pembelian anda akan otomatis dibatalkan oleh Bukalapak.

Cara membatalkan transaksi bukalapak sesudah pembayaran

Bila anda sudah mentransfer uang anda ke rekening Bukalapak tapi tiba-tiba ingin membatalkannya karena satu atau lain hal, lakukan itu secepatnya sebelum barang dikirim oleh penjual. Hubungi penjual terlebih dahulu kemudian hubungi Customer Service Bukalapak.

Namun jika pembelian dibatalkan oleh pihak penjual, anda tinggal menunggu saja uang anda di-refund tanpa perlu menghubungi siapapun.  Selanjutnya, anda bisa menarik uang anda kembali melalui fitur BukaDompet.

BukaDompet adalah dompet virtual atau yang biasa disebut e-wallet yang dimiliki setiap pengguna Bukalapak untuk menyimpan remit atau uang hasil penjualan bagi penjual dan menyimpan refund atau uang hasil dari pembatalan order bagi pembeli. Berikut adalah cara mencairkan dana refund untuk anda para pembeli yang ordernya dibatalkan.
  1. Login di akun Bukalapak anda
  2. Klik menu BukaDompet
  3. Klik Cairkan Dana
  4. Isi nomimal dana yang ingin dicairkan beserta data rekening anda
  5. Klik Cairkan
  6. Setelah itu, anda akan menerima Tiket Pencairan dan pemberitahuan lewat email mengenai nomer Tiket Pencairan tersebut
  7. Tunggulah sampai 1x24 jam. Jika dana belum juga masuk ke rekening anda, silahkan hubungi Customer Service Bukalapak
cara membatalkan transaksi di bukalapak sebelum pembayaran

Untuk Penjual

Khusus buat anda para pelapak, karena beberapa hal misalnya stok kosong atau lainnya, sehingga memaksa anda untuk membatalkan pesanan, nah berikut kami bagikan panduan atau solusinya. Sekarang Bukalapak sudah menyediakan fitur baru buat memudahkan para pelapak membatalkan pesanan dari pembeli tanpa harus mendapatkan feedback negatif dari Bukalapak.

Fitur tersebut bernama Tolak Pesanan yang ada pada halaman transaksi yang juga menampilkan detail transaksi. Setelah pelapak membatalkan pesanan pembeli, akan muncul popup yang menanyakan alasan pembatalan. Fitur ini dibuat agar penjual bisa memberikan respon sesegera mungkin dalam transaksi jual beli dan pembeli juga akan diuntungkan dengan proses refund yang lebih cepat.

Penting untuk anda ketahui, bahwa penjual hanya dapat menolak pesanan maksimal 3 hari setelah pembayaran. Setelah 3 hari, penjual akan dianggap bisa melayani pembelian. Jika barang tidak dikirimkan juga kepada pembeli, maka pemesanan dinyatakan batal dan penjual akan mendapatkan feedback negatif dari Bukalapak.

Demikianlah yang bisa kami bagikan terkait informasi pembatalan transaksi di Bukalapak. Semoga bermanfaat.