Rute Dan Cara Mudah Menuju Pantai Indrayanti, Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta mempunyai banyak tempat wisata menarik. Wisata mana yang harus dikunjungi?

Pantai Indrayanti! Yes, itu dia.

Cara Menuju Pantai Indrayanti, Yogyakarta
Nama pantai ini terdengar sedikit aneh, sebab namanya lebih mirip nama wanita Jawa. Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini berdekatan juga dengan destinasi populer lainnya di Gunungkidul Jogja, seperti Pantai Baron dan Pantai Krakal.

Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul. Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona atau megahnya perbukitan batuan karang, jernihnya air laut yang terlihat biru bersih seolah mengajak para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya.

Kisah Dibalik Nama Pantai “Indrayanti”

Pemberian nama Pantai Indarayanti Gunungkidul ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini berawal dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian orang lebih mengenal pantai tersebut sebagai Pantai Indrayanti.

Bagaimana Cara Menuju Pantai Indrayanti?

Rute menuju Pantai Indrayanti
Cara menuju pantai indrayanti ada dua jalur, silahkan simak ulasannya berikut ini :

Jalur 1 : Dari Kota Wonosari ke arah Selatan yaitu arah ke Pantai Baron, pada kilometer ke 8 atau 9 ada pertigaan besar di desa Mulo (100 m setelah kolam renang).

Pilihannya adalah :


Jika mau jalan langsung menuju Pantai Indrayanti lewat Pintu Timur.

Anda bisa mengikuti peta/jalur/rute/alamat/ jalan menuju Pantai Indrayanti berikut ini : (Kuncinya adalah menemukan pertigaan desa Tepus).

Dari pertigaan Mulo ini ambil yang ke arah Kiri yaitu ke arah Tepus atau Jepitu. Dusun atau desa yang dilewati adalah Mentel, Sidoharjo/Bintaos (ada kantor Kecamatan Tepus atau swalayan Halaga) terus saja sampai pertigaan desa Tepus – ambil yang ke arah kanan kepantai Indrayanti. Jarak tempuh : Wonosari-pertigaan Mulo (8km). Mulo-pertigaan Tepus (17 km). Pertigaan Tepus-Pantai Indrayanti (5km).

Jika mau melewati pantai-pantai yang lainnya lewat Pintu Barat :

Anda bisa mengikuti peta/jalur/rute/alamat/jalan menuju Pantai Indrayanti berikut ini : Dari Kota Wonosari menuju pertigaan Mulo, lurus saja yang ke arah Pantai Baron. Setelah melewati pos retribusi akan ketemu pertigaan yaitu 1 km sebelum pantai Baron (ada bangunan bak pengelolaan air), ambil yang ke kiri jalan menanjak ke arah pantai kukup – pantai sepanjang-pulau drini-krakal-pantai Sundak-Pantai Indrayanti.

Jarak Tempuh : Jarak tempuh dari kota Wonosari Gunung kidul lebih jauh dan waktu tempuh juga lebih lama.

Jalur 2 : Dari kota Wonosari ke arah selatan lewat jalan Baron – sampai di pertigaan Mulo lurus ke arah Pantai Baron – Pantai Kukup – Pantai Krakal – pantai Indrayanti dan keluar ke arah Tepus.

Sobat, itulah tadi sekilas tentang Pantai Indrayanti, Yogyakarta. Semoga setelah membaca artikel tentang Rute Dan Cara Menuju Pantai Indrayanti, Yogyakarta sobat Media Celoteh semakin semangat untuk pergi menuju Pantai Indrayanti. Selamat berlibur ya. Salam.

Posting Komentar